Bolehkah Wajah Berjerawat Menggunakan Scrub? Hati-hati!

Diantara segudang pilihan jenis sabun cuci muka, memang ada yang diklaim ampuh dalam menghilangkan berbagai macam jerawat membandel, karena mengandung butiran scrub mikroskopik.

Sabun scrub memang jauh lebih efektif dalam mengangkat kotoran maupun minyak yang ada.

Namun, apakah memang benar boleh menggunakan scrub untuk wajah berjerawat? Sebelum mencobanya, alangkah baiknya untuk membaca terlebih dahulu.

Bolehkah Wajah Berjerawat Menggunakan Scrub?

Bolehkah Wajah Berjerawat Menggunakan Scrub?
Menggunakan Scrub, via mirror.co.uk

Sabun cuci muka yang mengandung scrub memang bertujuan dalam mengangkat tumpulkan sel-sel kulit mati dan minyak, serta kotoran yang mampu menyumbat pori-pori yang ada di permukaan kulit.

Sel-sel kulit mati, minyak dan kotoran yang berlebih menjadi salah satu biang penyebab terjadinya jerawat. Maka, tak begitu mengherankan apabila dengan cara ini, bisa membantu dalam mencegah munculnya jerawat.

Sayangnya, cuci muka dengan menggunakan scrub malah ternyata bisa memperparah kondisi kulit yang sudah terlanjut mempunyai jerawat. Sama halnya jika dengan melakukan eksfoliasi kulit saat sedang jeawatan, misal dengan menggunakan scrub alami dari gula atau garam. (Baca juga : Apakah Jerawat yang Parah Bisa Sembuh? Ini 2 Kisah Suksesnya!)

Partikel gerinjil scrub tak mampu menembus hingga ke dalam pori-pori sebagai tempat jerawat yang berkembang. Butiran scrub tersebut hanya mampu dalam mengangkat lapisan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan teratas dari kulit.

Tentunya, dengan hal tersebut, tak membuat scrub secara efektif dalam menghilangkan jerawat yang ada pada wajah.

Karena hanya bekerja di permukaan kulit, butiran gerinjil yang ada di dalam krim scrub tersebut malah bisa melukai kulit yang berjerawat, bahkan mengalami iritasi. Kian Anda menggosoknya dengan kuat, maka kian kulit menjadi lebih kemerahan dan lebih iritasi.

Cara Aman Jika Ingin Melakukan Scrub untuk Kulit yang Berjerawat

Wajah Berjerawat
Wajah Berjerawat, via hellosehat.com

Cuci muka dengan menggunakan sabun scrub untuk jerawat memang sama sekali tak direkomendasikan. Begitu halnya dengan menggunakan scrub alami yang biasanya terbuat dari gula ataupun garam.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda sama sekali tak diperbolehkan untuk melakukan suatu eksfoliasi saat wajah berjerawat.

Cobalah untuk memilih dan menggunakan produk pembersih wajah atau eksfoliator yang tak mengandung butiran-butiran gerinjil, namun di dalamnya mengandung asam salisilat.

Seorang dokter kulit yang bernama Michele Green, M.D., mengungkapkan jika produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat mampu membantu dalam mengatasi berbagai macam jerawat yang membandel.

Jenis asam salisilat di dalam produk perawatan kulit yang memiliki tugas dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan melawan jerawat ialah BHA. Bentuknya itu mirip seperti bubuk kristal yang larut di dalam minyak.

Zat ini mampu menyerap ke dalam kulit dengan begitu baik, hingga bisa menembus ke pori-pori. Itulah sebabnya asam salisilat begitu direkomendasikan sebagai perawatan kulit berjerawat atau kulit yang berminyak.

Ada begitu banyak produk pembersih kulit yang mana mengandung BHA, namun eksfoliasi dengan menggunakan BHA lebih baik dan lebih aman dilakukan di dokter kulit, dalam menentukan berapa dosis bahan kimia yang tepat bagi wajah Anda.

Tidak hanya itu saja, penggunaan produk yang mengandung BHA pada kulit juga bisa membuat kulit menjadi begitu sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, Anda diwajibkan untuk membawa dan mengenakan tabir surya, setelah melakukan perawatan tersebut.

Oh iya, hindari juga penggunaan asam salisilat yang bersamaan dengan retinol, di mana bisa membuat kulit menjadi begitu kering dan mudah teriritasi.

Artikel terkait :

Aturan Penggunaan Scrub

Aturan Penggunaan Scrub
Aturan Penggunaan Scrub, via webmdmen.com

Sabun scrub memang baik dalam meng-eksfoliasi jaringan kulit yang sudah mati dan membersihkan permukaan kulit dari produksi minyak berlebih.

Akan tetapi, penggunaan dari scrub alangkah baiknya tak boleh berlebihan, karena bisa menstimulasi produksi minyak dan menyebabkan terjadinya iritasi yang ada pada kulit.

Sebaiknya, gunakan scrub 3 hingga 4 kali saja dalam seminggu.

Selain itu, sebaiknya scrub tak dipergunakan apabila kulit wajah Anda yang tengah berjerawat dan meradang. Penggunaan dari scrub juga bisa menyebabkan terjadinya jerawat kian meradang.

Pilihan editor :

Aturan Mencuci Wajah yang Baik dan Benar

Mencuci Wajah
Mencuci Wajah, via huffingtonpost.com

Memang benar tak disarankan untuk membersihkan wajah dengan sesuatu yang kasar. Tidak scrub, tak juga menggunakan mesin pembersih wajah.

Hanya saja, Anda perlu merawat wajah dengan lembut menggunakan tangan. Cucilah wajah dengan menggunakan tangan.

Tidak dianjurkan juga untuk menggunakan scrub dan mesin pembersih wajah. Tidak boleh juga menggunakan handuk yang digosok-gosokkan pada wajah.

Alangkah baiknya, mengeringkan wajah cukup dengan menggunakan handuk berbahan lembut. Jangan digosok, cukup ditepuk-tepukkan saja.

0 Response to "Bolehkah Wajah Berjerawat Menggunakan Scrub? Hati-hati!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel