Ungkap! Apakah Kunyit Bisa Menghilangkan Jerawat?

Kunyit termasuk ke dalam salah satu rempah-rempah yang mempunyai begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya memperkaya dari rasa masakan yang dibuat dan diolah, kunyit juga dipercaya bisa membantu dalam mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi pada kesehatan, termasuk kulit.

Penggunaan kunyit pada beberapa produk kecantikan yang ada, seperti masker, diklaim bisa membantu dalam mengatasi terjadinya masalah jerawat yang ada di wajah.

Akan tetapi, benarkah penggunaan kunyit bagi jerawat terbilang cukup ampuh? Apakah kunyit bisa menghilangkan jerawat dengan optimal?

Kandungan Kunyit dan Manfaatnya

Kunyit
Kunyit, via manjadda.com

Kunyit menjadi tanaman asli Asia yang mempunyai warna khas kuning-orange. Di dalam pengobatan India ataupun Cina, kunyit banyak dipergunakan dalam mengobati berbagai macam masalah kesehatan, dari itu gangguan pencernaan, hingga radang sendi yang terjadi pada tubuh.

Pengobatan tradisional juga mempergunakan kunyit dalam mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi, seperti halnya :
  • Ruam popok
  • Psoriasis
  • Jerawat

Lalu, apa sebenarnya kandungan yang terdapat di dalam kunyit?

Kunyit mengandung salah satu komponen aktif yang dinamakan dengan kurkumin. Kurkumin dikenal mempunyai begitu banyak manfaat, termasuk mempunyai sifat antiradang.

Tidak hanya itu saja, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti penuaan, yang mampu digunakan dalam mengobati terjadinya radang sendi, diabetes dan penyakit alzheimer.

Walaupun kunyit menjadi salah satu obat herbal yang paling banyak dilakukan penelitian, namun masih juga dibutuhkan adanya penelitian terkait atau lanjutan, demi melihat kandungan dari kunyit, beserta dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, terutama untuk jerawat.

Apakah Kunyit Bisa Menghilangkan Jerawat?

Dalam mengatasi masalah jerawat yang terjadi, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang begitu dikenal dan dipercayai ampuh dalam masalah kulit yang satu ini.

Kandungan kurkumin di dalamnya menjadi zat anti radang yang dipercaya memiliki peran amat penting dalam mengusir segala jerawat yang ada di wajah Anda.

Jerawat yang meradang terjadi karena bakteri propionibacterium acnes. Kurkumin bisa menjadi salah satu bahan aktif yang mampu membunuh bakteri propionibacterium acnes jauh lebih baik lagi dibandingkan dengan obat jerawat asam azelaic.

Penelitian yang dilakukan tersebut terjadi pada kulit hewan, yang berarti bisa jadi tidak sama jika apabila diterapkan pada kulit manusia. Maka dari itu, masih dibutuhkan lagi berbagai macam penelitian lanjut yang meneliti efek dari kunyit di kulit manusia, apalagi dalam memerangi bakteri jerawat.

Tidak hanya itu saja, walaupun kunyit dan kurkumin mengandung zat anti radang, namun juga masih beluim terbukti secara ilmiah bisa membantu dalam membersihkan jerawat. Akan tetapi, beberapa ahli mengungkap jika kunyit mampu membantu dalam memudarkan hiperpigmentasi atau bekas jerawat yang sudah menghitam.

Namun, peneliti mengungkap fakta yang ada jika penggunaan kunyit bagi masalah jerawat yang apabila digunakan langsung ke kulit, bisa menyebabkan terjadinya dermatitis kontak. Beberapa orang tersebut bisa saja mengalami :
  • Kulit kemerahan
  • Gatal
  • Melepuh

Sehingga, penting untuk perlu diingat, walaupun kunyit adalah bahan alami, namun bukan tidak mungkin jika kulit bisa bereaksi negatif.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan suatu bentuk uji kecocokan lebih rinci lagi dengan menggunakannya di bawah lengan, selama kurang lebih 24 hingga 48 jam. Setelah itu, lihat, apakah ada reaksi negatif yang ditimbulkan. Apabila ternyata ada, maka janganlah untuk sesekali mengaplikasikan kunyit di wajah atau bagian kulit yang lain.

Lalu, Bolehkah Mengatasi Jerawat dengan Menggunakan Kunyit?

Kunyit untuk Jerawat
Kunyit untuk Jerawat, via tampilcantik.com

Mengingat memang adanya kandungan antiradang yang begitu tinggi, Anda bisa mengaplikasikan kunyit untuk mengatasi jerawat yang timbul.

Akan tetapi, juga jangan jadikan kunyit sebagai perawatan utama dalam menghilangkan jerawat, karena memang belum terbukti secara ilmiah. Anda sendiri bisa menggunakan kunyit sebagai salah satu bentuk perawatan tambahan seperti berikut ini.

1. Memasukkannya ke dalam Masakan

Agar bisa memperoleh manfaat dari kunyit untuk kesehatan kulit, maka Anda bisa menggunakan kunyit sebagai rempah-rempah yang ada di dalam masakan. Berbagai masakan yang berbumbu dasar dari kunyit, seperti sup, pepes, dan kari, bisa menjadi salah satu pilihan masakan yang dikonsumsi oleh tubuh.

2. Meminum Teh Kunyit

Meminum teh kunyit juga bisa menjadi salah satu pilihan alternatif dalam mengonsumsi kunyit. Anda bisa menggunakan teh instan kemasan yang mengandung kunyit atau dengan membuatnya sendiri dengan tambahan dari madu atau bahan yang lainnya sesuai dengan selera.

3. Mengonsumsi Suplemen Kunyit

Mengonsumsi suplemen kunyit juga bisa menjadi salah satu pilihan apabila Anda menginginkan sesuatu yang lebih praktis. Akan tetapi, tetap untuk memastikannya dengan cara melakukan konsultasi terhadap dokter demi keamanan.

Masalahnya, kurkumin yang ada di dalam kunyit bisa menimbulkan reaksi negatif terhadap obat-obatan tertentu. Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi kurkumin dalam dosis atau jumlah yang besar juga bisa menyebabkan terjadinya sakit perut.

4. Menggunakan Masker Kunyit

Tidak hanya bisa dikonsumsi saja, manfaat dari kunyit juga bisa diperoleh dengan cara mengoleskan secara langsung di kulit Anda yang berjerawat. Berbagai macam produk kecantikan yang beredar dan dijual di pasaran, sudah banyak yang mengandung kunyit dengan beberapa tambahan zat yang lain dalam mengatasi jerawat.

Pilihan editor :

Tips Penggunaan Kunyit dalam Menghilangkan Jerawat

  • Selain menggunakannya sebagai minuman dan masker kulit, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan dan bumbu untuk masakan.
  • Tidak disarankan untuk mengonsumsi teh kunyit atau kunyit secara berlebih, karena bisa menyebabkan terjadinya diare dan memiliki potensi ketidaknyamanan di dalam perut.
  • Sebelum memutuskan mengonsumsi kunyit, ibu hamil harus melakukan konsultasi lebih dahulu kepada Dokter, karena penelitian akan kunyit masih belum jelas.
  • Jangan menggunakan kunyit saat Anda akan menjalani segala macam bentuk operasi selama beberapa hari ke depan.
  • Jika saat menggunakan masker kunyit, kulit terasa gatal, alangkah baiknya jangan lagi digunakan, karena itu berarti kulit alergi terhadap kunyit.
  • Saat Anda memiliki riwayat penyakit apalagi yang berhubungan dengan kardiovaskular, alangkah baiknya tak mengonsumsi kunyit dalam segala macam bentuk.

0 Response to "Ungkap! Apakah Kunyit Bisa Menghilangkan Jerawat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel