Ini 5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan, karena mengandung begitu banyak mineral dan nutrisi. Akan tetapi, apakah teh hijau juga bisa dipergunakan dalam mengatasi atau menghilangkan jerawat?

Ya, teh hijau memang menjadi salah satu obat alami terbaik dalam menghilangkan jerawat yang ada di wajah. Ada banyak cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat menggunakan teh hijau.

Berdasarkan dari suatu penelitian yang telah dilakukan University of Maryland Medical Center, menemukan jika teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang bagus, bisa mengurangi adanya radikal bebas, penyebab dari kerusakan sel.

Selain itu, ada senyawa katekin (catechin) yang terkandung di dalam teh hijau, yang ternyata bisa menghilangkan bekas luka dan memperbaiki sel-sel kulit. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan teh hijau.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hijau

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hijau
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hijau, via india.com

1. Meminumnya dengan Rutin

Para peneliti yang berasal dari University of Maryland Medical Center, menyarankan untuk meminum 2 hingga 3 gelas teh hijau setiap hari, yang ternyata bisa memberikan 240 hingga 320 mg polifenol (senyawa antioksidan) pada tubuh.

Kandungan polifenol yang ada di dalam teh hijau bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan pada jerawat. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan madu untuk mendapatkan manfaat yang lebih, seperti menjadi pelembap pada wajah dan membunuh berbagai macam bakteri penyebab terjadinya jerawat.

2. Jadikan sebagai Air Cuci Muka

Anda juga bisa dengan menambahkan teh hijau di saat mencuci muka. Caranya mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Celupkan kantong teh hijau di dalam air panas selama 15 menit
  2. Setelah hangat, gunakanlah air teh tersebut untuk mencuci muka
  3. Pijat wajah dengan gerakan yang memutar secara lembut dan diamkan kurang lebih selama 5 hingga 7 menit

Ulangi proses di atas setiap hari, agar jerawat yang ada di wajah bisa cepat menghilang dan bisa membuat wajah menjadi lebih bersinar nan berkilau.

3. Menyeduh Teh Hijau

Menyeduh teh hijau ternyata memiliki caranya sendiri. Agar efektifitas daun teh tidak berkurang, dianjurkan untuk menyeduh teh tersebut dengan air hangat.

Air panas atau bahkan air mendidih, justru bisa mengurangi kualitas zat-zat yang terkandung di dalamnya. Menyeduh teh dianjurkan minimal 10 menit, sehingga daun teh mengeluarkan polifenol yang lebih maksimal.

4. Dijadikan sebagai Masker Wajah

Selain bisa diminum, Anda juga bisa menggunakan teh hijau untuk masker wajah. Cara membuat masker teh hijau ini bahkan tidak sulit.
  1. Pertama, kosongkan isi kantong teh hijau ke dalam mangkuk dan tumbuh hingga menjadi bubuk
  2. Lalu tambahkan setengah sendok teh perasan jeruk lemon dan bubuk kunyit sedikit saja
  3. Aduk hingga merata dan tambahkan sedikir air, sehingga bisa berbentuk seperti pasta
  4. Oleskan ke seluruh wajah dan tunggu selama kurang lebih 10 menit
  5. Setelah itu, bilas dengan air dingin

5. Dijadikan sebagai Toner

Cara lain yang terakhir yang bisa dilakukan ialah dengan mengaplikasikan teh hijau secara langsung terhadap kulit, dengan cara menggunakannya sebagai toner. Bagaimana caranya?
Basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang telah diseduh
Lalu, usapkanlah kapas atau handuk kecil pada wajah yang sudah dibersihkan

Anda juga bisa dengan memasukkan air seduhan teh hijau ke dalam botol semprot atau spray, lalu semprotkan wajah Anda dengan air itu kapan saja Anda merasa kulit kering dan tak segar.

Pengalaman Remaja Amerika Serikat Menggunakan Teh Hijau

Robles, Perawatan dengan Teh Hijau

Apabila Anda sudah letih dan menyerah dengan obat jerawat yang ada di pasaran, mungkin sudah saatnya Anda mencoba bahan alami seperti yang digunakan oleh Robles, remaja asal Las Vegas yang berhasil mengatasi jerawat dengan bahan-bahan alami.

Pengalaman dari remaja ini membuat netizen di twitter menjadi penasaran, apa saja yang ia gunakan untuk menghilangkan jerawat, sehingga wajahnya kembali mulus dan indah.

Remaja yang diketahui berusia 17 tahun, memiliki nama lengkap Hilda Paz Robles, menarik perhatian netizen setelah dirinya mem-posting foto sebelum dan sesudah saat berjerawat.

Seperti yang dilansir dari majalah Allure, tim Allure ingin membuktikan jika Robles benar-benar hanya menggunakan teh hijau dan madu untuk menyembuhkan jerawat yang ada di wajah. Robles menceritakan kepada Allure jika pada bulan April 2017, wajahnya mengalami breakout.

Robles tak mengetahui apa penyebab pastinya. Sementara itu, orang-orang banyak yang mengira jika jerawat tersebut muncul karena hormon atau infeksi.

Selama liburan musim panas berlangsung, Robles berkunjung ke rumah bibinya, dan merekomendasikan Robles untuk meminum parsley tea untuk menghilangkan jerawat.

Saat pulang ke rumah, Robles langsung membeli teh hijau dan menyeduhnya serta menambahkan dengan madu. Semenjak saat itu, Robles rutin meminum teh dan madu seminggu 3 kali.

Tidak hanya itu saja, Robles juga membuat masker dari teh hijau di dalam mangkuk yang dicampur dengan madu, mengaplikasikannya ke wajah dan dibiarkan selama 30 menit. Dirinya rutin menggunakan masker dan meminum teh hijau hingga beberapa bulan, sampai pada akhirnya seminggu sekali, saat jerawatnya sudah kian membaik.

Banyak orang yang tidak percaya akan pengalaman yang dimiliki oleh Robles, karena memang, perawatan yang dilakukan tersebut belum tentu cocok bagi semua orang. Akan tetapi, apabila dilihat dari segi dermatologis, teh hijau dan madu menjadi perawatan yang efektif bagi jerawat.

Penelitian yang telah dilakukan di Korea pada tahun 2013, menemukan jika teh hijau memiliki potensi untuk menyembuhkan jerawat dibandingkan dengan obat jerawat yang lain. Di sisi lain, madu juga bagus untuk mengurangi kemerahan, menenangkan kulit dan membunuh jerawat yang terjadi karena disebabkan oleh adanya bakteri.

0 Response to "Ini 5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel