Apakah Teh Hijau Bisa Menghilangkan Jerawat? Baca Dulu!

Teh memang sudah dipergunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad lamanya dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Salah satu jenis teh yang terkenal karena khasiat atau manfaatnya ialah teh hijau.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau yang amat tinggi, seperti katekin, polifenol dan berbagai macam senyawa alami yang lain, membuat teh hijau mempunyai begitu banyak manfaat untuk kesehatan, terlebih untuk kulit.

Ya, teh hijau memang sering dipergunakan untuk obat jerawat alami. Akan tetapi, apakah teh hijau efektif untuk jerawat? Yuk mari kita ulas dan kupas apakah teh hijau bisa menghilangkan jerawat secara bersama-sama.

Sekilas Tentang Teh Hijau

Sekilas Tentang Teh Hijau
Teh Hijau, via voylesfamilydental.com

Pada dasarnya, semua jenis teh hijau, teh oolong, teh hitam, berasal dari tanaman yang sama, camellia sinensis. Akan tetapi, yang membedakan antara teh yang satu dengan jenis teh yang lain ialah bagaimana cara mengolah teh tersebut.

Cara pengolahan yang tidak sama inilah yang membuat setiap jenis teh mempunyai warna dan cita rasa khas yang berbeda-beda.

Teh hijau diolah dengan cara dikukus dan dikeringkan dalam proses yang begitu cepat untuk bisa menghindari berubahnya warna daun tersebut menjadi cokelat.

Diantara ketiga jenis teh tersebut, bisa dikatakan jika teh hijau menjadi teh yang mempunyai potensi kesehatan paling baik, karena memiliki kandungan antioksidan polifenol yang paling tinggi diantara yang lain.

Sementara itu, dalam pengobatan tradisional Cina dan India, teh hijau dipergunakan untuk stimulan, obat diuretik, hingga bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Tidak hanya itu saja, teh hijau juga seringkali digunakan sebagai obat alami perut yang kembung, membantu melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, hingga meningkatkan kemampuan kognitif.

Manfaat Teh Hijau untuk Jerawat

Manfaat Teh Hijau untuk Jerawat
Manfaat Teh Hijau untuk Jerawat, via greatlifeandmore.com

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang ternyata bisa melindungi kulit dan tubuh dari berbagai macam kerusakan, akibat dari radikal bebas. Mari kita kupas manfaat teh hijau untuk jerawat pada wajah.

1. Mengurangi Terjadinya Peradangan Kulit

Teh hijau kaya akan kandungan polifenol yang disebut dengan nama katekin. Sederhananya, polifenol merupakan senyawa yang terdapat di dalam tumbuhan, yang kaya akan manfaat untuk kesehatan manusia.

Katekin sendiri adalah antioksidan sekaligus juga anti peradangan. Nah, katekin yang terkandung pada teh hijau begitu efektif dalam mengurangi terjadinya peradangan kulit.

Berdasarkan dari suatu penelitian yang telah dilakukan para peneliti dari National Yang-Ming University, Taiwan, di tahun 2016, mengungkap jika wanita yang berjerawat dengan mengonsumsi suplemen ekstrak teh hijau tanpa kandungan kafein di dalamnya, ternyata memiliki lebih sedikit jerawat di T-Zone, yakni area yang ada di sekitar hidung, mulut dan dagu.

Walaupun demikian, suplemen ekstrak teh hijau tersebut memang tak sepenuhnya membersihkan jerawat yang ada di wajah. Bahkan, ada juga diantara 2 kelompok (mereka yang mengonsumsi suplemen ataupun yang tidak) tak terjadi perbedaan yang signifikan dalam hal jumlah jerawat.

Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti mengungkap jika penggunaan teh hijau untuk jerawat hanya akan membantu mengurangi sedikit peradangan saja, terutama untuk bagian T-Zone. Jadi, tak menghilangkan jerawat secara menyeluruh.

2. Melawan Berbagai Bakteri Penyebab Jerawat

Beberapa penelitian menunjukkan agen antibakteri yang ada di dalam teh hijau mampu melawan berbagai macam bakteri penyebab terjadinya jerawat, seperti :
  • Propionibacteria acnes
  • Propionibacteria granulosum
  • Staph

Akan tetapi, berbagai macam penelitian yang sudah dilakukan hanya in vitro, berarti penelitian tersebut hanya dilakukan di laboratorium saja, tak secara langsung di kulit manusia.

Tidak hanya itu saja, bakteri juga bukan menjadi satu-satunya penyebab jerawat yang timbul. Masih ada berbagai macam faktor lain yang berperan, termasuk minyak yang berlebih dan penumpukan sel-sel kulit mati yang ada di wajah.

3. Menangkal Terjadinya Radikal Bebas

Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur, hal tersebut berarti jika Anda mencegah terjadinya radikal bebas dan radiasi yang terjadi dari sinar ultraviolet, yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit.

Garis-garis kerutan yang ada di wajah yang menjadi tanda dari penuaan dini bisa dicegah dengan mengaplikasikan teh hijau, baik itu dari dalam maupun dari luar.

4. Mengobati dan Menyembuhkan Luka Bakar

Memiliki luka bakar atau bekas tersengat oleh sinar matahari? Ternyata Anda juga bisa memanfaatkan masker teh hijau yang bisa membantu memulihkan kondisi kulit seperti semula.

Perawatannya memang tak akan memberikan efek secara instan, melainkan apabila dilakukan dengan rutin, ternyata Anda tak akan kecewa dengan hasil yang diberikan.

5. Regenerasi Kulit

Anda perlu tahu jika dengan mengonsumsi teh hijau juga membantu Anda untuk meregenerasi sel-sel kulit yang sudah madi. Secara otomatis, juga akan memperbaiki sel yang mengalami penuaan dini.

6. Melembabkan secara Alami

Melembabkan kulit secara alami dengan bahan-bahannya, teh hijau mampu memberikan efek yang dingin nan lembut. Bahkan, teh hijau bisa menangkal dan merawat peradangan yang terjadi di kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Teh Hijau

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Teh Hijau
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Teh Hijau, via hellosehat.com

1. Meminumnya secara Rutin

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center menyarankan untuk meminum 2 hingga 3 gelas teh hijau setiap harinya, yang ternyata mampu memberikan 240 sampai 320 mg polifenol, sejenis senyawa antioksidan pada tubuh.

Kandungan polifenol yang ada di dalam teh hijau bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan pada jerawat. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan madu untuk mendapatkan manfaat lebih, seperti sebagai pelembap di wajah dan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

2. Menggunakannya sebagai Masker Wajah

Selain bisa diminum, Anda juga bisa mengaplikasikan teh hijau tersebut sebagai masker wajah. Cara membuat masker tersebut memang tidak sulit.

Ikuti langkah berikut untuk pengaplikasiannya :
  1. Pertama, kosongkan isi kantong teh hijau ke dalam mangkuk dan tumbuk hingga menjadi bubuk
  2. Tambahkan setengah sendok teh perasan jeruk lemon dan sedikit bubuk kunyit
  3. Aduk hingga merata dan tambahkan sedikit air, sehingga bisa berbentuk seperti pasta
  4. Oleskan ke seluruh wajah dan tunggu selama kurang lebih 10 menit
  5. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air dingin

3. Jadikan Air Cuci Muka

Anda sendiri juga bisa menambahkan teh hijau saat mencuci muka. Ikuti cara-cara berikut ini :
  1. Celupkan kantung teh hijau ke dalam air panas selama kurang lebih 15 menit
  2. Setelah hangat, gunakan air teh tersebut untuk mencuci muka
  3. Pijat wajah dengan gerakan secara memutar dengan lembut dan diamkan selama kurang lebih 5 hingga 7 menit
  4. Ulangi proses tersebut setiap hari, agar jerawat bisa hilang dan wajah menjadi lebih bersinar

Masalah Jerawat yang Lain :

Tapi, Masih Dibutuhkan Penelitian Lebih Lanjut

Teh Hijau
Teh Hijau, via popsugar.com

Manfaat dari teh hijau bagi kesehatan, memang tak lagi diragukan. Akan tetapi, jangan pernah menggantungkan pengobatan jerawat Anda hanya pada sebatas teh hijau saja.

Masalahnya, bukti jika kemanjuran ekstrak teh hijau untuk jerawat memang harus ditinjau lebih dalam lagi. Walaupun demikian, hal tersebut menjadi langkah baik dalam memulai penelitian berikutnya untuk memperdalam manfaat teh hijau bagi kesehatan kulit.

Yang harus dipahami, kunci sukses merawat kulit yang berjerawat ialah dengan cara menghindari segala hal yang bisa memicu terjadinya jerawat. Jadi, sangat tak mungkin hanya dengna meminum secangkir teh hijau hangat mampu membersihkan jerawat yang melekat.

Ingatlah selalu jika perawatan wajah yang salah juga menjadi faktor utama mengapa jerawat tak kunjung hilang.

0 Response to "Apakah Teh Hijau Bisa Menghilangkan Jerawat? Baca Dulu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel